zebaoth.jehova (7:34:43): hug itu bualan,kamu dak tahu yah ,beberapa temapt di dunia muslim gambar muhammad ada
trisetyarso (7:35:50): pasti ada beberapa kalangan yang berupaya menggambarkannya; baik dari kalangan yang sangat membenci maupun mencintainya
trisetyarso (7:36:16): namun, nabi muhammad sendiri menolak untuk digambarkan
trisetyarso (7:36:51): karena prinsipnya ya itu tadi: bahwa yang layak disembah adalah Tuhan yang Satu
trisetyarso (7:36:56): bukan Muhammad
zebaoth.jehova (7:37:56): kamu tahu kenapa muhammad tidak mau di gambarkan,karena tubuh muhamad tinggi besar jelek kayak raksasa sebab dia panglima perang yang ditakuti,sama dengan gajah mada, kwang kong, goliath itu juga kepala kepala perang yang punya fisik besar dan jelek,makanya tidak mau digambarkan karena akan dibuat pembunuhan karakter
trisetyarso (7:38:17): 🙂
trisetyarso (7:38:40): bagi kaum muslimin, setiap nabi memiliki fisik dan ruhani yang baik
zebaoth.jehova (7:39:07): tapi moral bejat kamu jangan lupa
trisetyarso (7:39:07): muhammad, yesus, moses, sidharta, daniel dst … mereka adalah manusia yang sempurna
zebaoth.jehova (7:39:27): nabi yahudi itu kamu islamkan gue ketawa he he he
trisetyarso (7:40:04): berarti mbak/mas jehovah harus kembali meneliti Al-Quran dan Hadist Nabi Muhammad kembali
trisetyarso (7:40:07): bagi kami
zebaoth.jehova (7:40:29): kamu teliti jangan mudah di tipu oleh ustad kampungan
trisetyarso (7:40:32): nabi yahudi seperti moses adalah pembawa ajaran yang serupa dengan yang dibawa muhammad
zebaoth.jehova (7:40:45): hug itu kata ustadmu
trisetyarso (7:40:49): menyembah Tuhan yang Satu
trisetyarso (7:40:58): mengajarkan kebaikan
trisetyarso (7:41:04): perilaku yang baik
zebaoth.jehova (7:41:05): belajar sejarah dan isi dalam kabah
zebaoth.jehova (7:41:23): muhammad dulunya nyembah 360 berhala
trisetyarso (7:41:32): agama diturunkan untuk saling menyayangi
trisetyarso (7:41:39): bukan untuk didebat
zebaoth.jehova (7:41:47): yang akhirnya menyisahkan 1 hubal dewa bulan yang diberi nama auolah
zebaoth.jehova (7:42:07): bukan di debat karena kamu takut kebohongan akan terungkap
trisetyarso (7:42:13): 🙂
trisetyarso (7:42:33): Mas/Mbak Jehovah pernah tahu apa arti “Allah” ?
zebaoth.jehova (7:42:35): dan itu lah yg membuat dunia muslim ketinggalan dengan dunia kafir terutama dunia kristen
zebaoth.jehova (7:43:16): kamu yang belajar dulu sejrah bahasa arab allah itu adalah hubal dan sudah dikenal sebelum muhammad muncul/ada
trisetyarso (7:43:40): yuk kita diskusi mengenai kata “Allah”
zebaoth.jehova (7:43:52): ayo, kamu dulu
trisetyarso (7:44:33): “Allah” adalah masdar dari kata “aaliha”-“ya`laahu”
trisetyarso (7:44:54): Dalam bahasa arab, dikenal susunan bahasa
zebaoth.jehova (7:45:34): lah ilah la ilalah artinya tidak ada allah lain selain allah itu adalah maksud dari allah=hubal/dewa bulan yang harus kamu sembah daripada ilah ilah lain/ilah ilah kecil
trisetyarso (7:45:47): “fi`il” yang berarti kata kerja
trisetyarso (7:45:57): “isim” yang berarti kata benda
zebaoth.jehova (7:45:58): inilah sebenarnya islamu,kajilah dengan mendalam kepelsuan islam akan terkuak
trisetyarso (7:46:21): denger dulu ya mbak/mas … 😀
trisetyarso (7:46:38): “aaliha” artinya sesuatu yang disembah
zebaoth.jehova (7:46:48): itu hanya permainan kata dari ustad kamu saja, emangnya guru ngaji kamu dak mau cari untung
trisetyarso (7:46:50): sedangkan
zebaoth.jehova (7:47:00): oke maaf
trisetyarso (7:47:23): ada yang sedikit salah; maaf
trisetyarso (7:47:37): “ilaahun” adalah kata benda yang berarti sesuatu yang disembah
trisetyarso (7:47:41): sedangkan
trisetyarso (7:48:21): “Al-ilaahun” atau “Allaah” adalah sesuatu yang Satu yang layak disembah dan ditunduki
trisetyarso (7:48:32): Itulah makna “Allaah”
trisetyarso (7:48:43): kalau dalam bahasa yahudi
trisetyarso (7:48:53): Allah = El
trisetyarso (7:49:01): Artinya sesuatu yang Satu
trisetyarso (7:49:12): Maka dari itu
trisetyarso (7:49:32): Israel = Israil yang berarti “tentara Allah”
trisetyarso (7:49:48): tidak ada pertentangan dalam konsep Yahudi dan Islam
trisetyarso (7:49:58): bahkan dengan yang dibawa oleh Yesus
zebaoth.jehova (7:51:34): itu cuma permainan gatuk mengatukno/kait mengkaitkan saja, jelas allah / sembahan yahudi beda dengan sembahan islam, jika sama maka muhammad atau yahudi tidak akan bermusuhan ,dan sampai saat ini kedua kubu masih bertikai dan semua juga ada unsur religinya
trisetyarso (7:52:08): Al-Baqarah ayat 285: “Rasul telah beriman kepada Al Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. [Mereka mengatakan]: “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun [dengan yang lain] dari rasul rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami ta’at”. [Mereka berdo’a]: “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”. (285)
trisetyarso (7:52:40): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun [dengan yang lain] dari rasul rasul-Nya”
trisetyarso (7:53:15): Mas/Mbak Jehova
trisetyarso (7:53:31): perlu dibedakan antara konsep agama dengan pengikutnya
trisetyarso (7:53:52): konsep agama yang berasal dari Tuhan, tak pernah bertentangan
trisetyarso (7:54:05): pengikutnya dapat bertentangan dapat tidak
trisetyarso (7:54:34): ada masa ketika pengikut kristen, pengikut yahudi dan pengikut islam dapat hidup damai dan rukun
trisetyarso (7:55:27): https://trisetyarso.wordpress.com/2007/10/13/sejarah-islam-di-eropa/
zebaoth.jehova (7:55:30): panggil saya mas ,saya laki dan kamu agung postingkan saja apa yang ada di benak kamu mengenai hal tersebut di DR ,kita berdialog atau berdebat juga saya tidak akan membawa kearah pertentangan fisik, dan saya rasa orang seperti kamu bearti menghargai perbedaan.
trisetyarso (7:55:56): jelas sekali
trisetyarso (7:56:05): kita saling menghargai perbedaan
trisetyarso (7:56:16): mari kita wujudkan dunia yang lebih baik
trisetyarso (7:56:25): tidak saling menyerang
zebaoth.jehova (7:56:59): yup, perbedaan bukan untuk membunuh,membekar dan memeprkosa oorang yang tidak sepaham……mungkin iniolah yang harus ditinggalkan muslim muslim
trisetyarso (7:57:15): 🙂
trisetyarso (7:57:41): ada muslim taat ada muslim yang tidak taat
zebaoth.jehova (7:57:46): kamu tahu banyak ajaran yang salah kaprah yan g terjadi di indonesia
trisetyarso (7:57:51): ada pula berita bohong yang memfitnah muslim
zebaoth.jehova (7:58:29): banyak fitnahan beartinya daripada benarnya,karena banyak negatifnya itu ajaran islam daripada benarnya
trisetyarso (7:58:57): hehehe
trisetyarso (7:59:14): fitnah itu berasal dari orang yang salah paham terhadap islam
trisetyarso (7:59:30): sebetulnya kalau sudah paham islam, tidak perlu curiga
trisetyarso (7:59:53): kalau ingin belajar islam, pelajarilah dengan hati nurani untuk mencari kebenaran
zebaoth.jehova (8:00:00): salah paham bagaimana, ajaranmu itu penuh dengan kepalsuan,buktinya masuk ke nusantara dengan pedang bukan dengan dakwah atau niaga
trisetyarso (8:00:03): dengan mempelajari seluruh konsepnya
zebaoth.jehova (8:00:24): seluruh konsep bearti saya akan jadi amrozi
trisetyarso (8:00:41): saya kan bukan amrozi mas 😀
trisetyarso (8:01:01): saya tidak takut kalau harus diadu kefasihan berbahasa arab dengan imam samudra
trisetyarso (8:01:12): atau dengan abu bakar baasyir sekalipun 😀
trisetyarso (8:01:23): dan saya tidak bersama mereka dalam beberapa hal
trisetyarso (8:01:25): 🙂
trisetyarso (8:01:47): soalnya mas jehovah tahu islam hanya dari kata orang
trisetyarso (8:01:49): dari media
zebaoth.jehova (8:02:09): jika kamu bisa bahasa arab dan biusa ngaji tolong kamu dengarkan dan baca surah terakhir dari alquran dan jelaskan kenapa terjemahan DEPAG tidak sesuai dengan lantunan ngajinya
trisetyarso (8:02:24): mas jehovah harus sering silaturahmi dengan berbagai kalangan
zebaoth.jehova (8:02:49): saya sering main main dan punya banyak kiay dan ustad dan saya tahu semuanya
trisetyarso (8:02:51): ya
trisetyarso (8:03:02): nah
trisetyarso (8:03:24): nanti kita bisa diskusi banyak; kalo mas jehovah seneng silaturahmi
zebaoth.jehova (8:03:26): mereka juga sebenarnya paham alquran ada yang salah tapi ini dibuat untuk pengangan hidup
trisetyarso (8:03:35): 😀
trisetyarso (8:03:47): silakan kita diskusi
zebaoth.jehova (8:03:49): sudah sering saya melakukan diaolg tatap muka
trisetyarso (8:04:07): tunjukan ayat mana yang mas jehovah ingin diskusikan
trisetyarso (8:04:19): nanti kita sama-sama mencari kebenaran
zebaoth.jehova (8:04:49): dan saya juga sudah pelajarei beebagai ajaran ternyata di islam tidak saja membodohi umatnya tapi bisa membuat umatnya jadi bengis
trisetyarso (8:05:06): mas
zebaoth.jehova (8:05:11): kamu coba deh cari tahu apa ada aturan sholat di alquran
trisetyarso (8:05:20): subulum kita bicara jauh-jauh
zebaoth.jehova (8:05:28): yup
trisetyarso (8:05:31): mas tahu tidak arti kata “islam”?
zebaoth.jehova (8:05:41): patuh, berserah
trisetyarso (8:05:52): bagus
trisetyarso (8:06:04): “islam” itu kata benda atau kata kerja?
zebaoth.jehova (8:06:28): kerja, jika harus patuh maka itu perbuatan
trisetyarso (8:06:34): bagus
trisetyarso (8:07:19): sehingga
trisetyarso (8:07:39): itu adalah inti seluruh konsep yang dibawa oleh uttusan Tuhan
trisetyarso (8:07:56): moses membawa ajaran kepada kepatuhan kepada Tuhan
trisetyarso (8:08:00): yesus juga
trisetyarso (8:08:13): lalu kenapa harus dipertentangkan?
trisetyarso (8:08:24): karena mereka juga tidak pernah bertengkar? 😀
zebaoth.jehova (8:08:40): sesuatu yang kelihatanya baik belum tentu karena apa,
trisetyarso (8:09:00): gak baik lho mas, marah2x terus
zebaoth.jehova (8:09:38): otak manusia kalau di berikan berita dusta ,kebohongan ataupun canda terus menerus akan membuat itu menjadi suatu kebenaran padahal dasarnya adalah salah dan ini terjkadi hampir disemua ajaran agama
trisetyarso (8:12:31): 🙂
zebaoth.jehova (8:15:21): Kamu tahu saya kristen tidak mudah unutk ditipu ajaran moses, ataupun salah persepsi terhadap ajaran yesus,saya sebagai kristen paham mana yang ajaran benar dan salah inilah kristen beda dengan kamu yang menelan buta dan bulat bulat suatu ajaran
trisetyarso (8:16:35): Al-Imran: 113-115: “Mereka itu tidak sama; di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus [4], mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud [sembahyang]. (113) Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan mereka menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar dan bersegera kepada [mengerjakan] pelbagai kebaikan; mereka itu termasuk orang-orang yang saleh.
trisetyarso (8:17:19): Ya, saya percaya kok mas jehovah termasuk yang kritis dan termasuk yang disebutkan di surah Al-Imran itu. 🙂
zebaoth.jehova (8:17:55): itulah bedanya juga kamu memakai ayat ayat per ayat kita di KRisten tidak akan menggunakan begitu,kamnu kalau tahu sejarah turunnya ayat tersebut juga akan kaget kenapa ayat itu dicata dan diturunkan
trisetyarso (8:18:08): 🙂
zebaoth.jehova (8:18:49): Pencatat (Al Quran) untuk Muhammad ada 42 orang. Abdallah Ibn Sarh al-`Amiri adalah salah satu dari mereka, dan dia adalah suku Quraisy pertama dari pada orang-orang yang menulis di Mekkah sebelum dia berpaling dari Islam. Dia mulai mengatakan, “Saya biasanya mengarahkan Muhammad kemanapun saya mau. Dia (Muhammad) mendiktekan kepada saya “Yang Maha Tinggi, Maha Bijaksana”, dan saya cuman menuliskan “Maha Bijaksana” saja. Kemudian dia (Muhammad) mengatakan, “Ya, it semua sama saja”. Dalam suatu keadaan tertentu, dia mengatakan, “Tuliskan begini dan begini”, tetapi saya hanya mencatatkan “Menulis” saja, dan dia (Muhammad) berkata, “Tulis apapun yang kamu sukai.”
Jadi ketika pencatat itu (Abdullah) mengekspos Muhammad, dia men
trisetyarso (8:21:36): kalau mas jehovah tertarik mendalami asal-usul ayat-ayat Al-Quran, saran saya sih jangan mendalami setengah-setengah
trisetyarso (8:21:52): melainkan sekalian saja mendalami tafsir asbabun nuzul
trisetyarso (8:22:00): dari kitab-kitab terbaik
trisetyarso (8:22:04): dan jangan lupa
trisetyarso (8:22:15): harus mendalami belajar bahasa arab juga 🙂
zebaoth.jehova (8:23:36): kenapa harus pake kitab/buku lain apakah alquran tidak cukup,serta bahasa arab ,seharusnya agama itu bersifat universal dan dapat diterima semua golongan ynag ada di bumi ini tanpa bedakan ras ataupu bhasa
trisetyarso (8:24:04): betul sekali
trisetyarso (8:24:18): Al-Quran itu jelas cukup
trisetyarso (8:24:34): hanya saja, kita juga harus berguru ke orang yang faham dengan ilmunya
trisetyarso (8:24:41): seperti alam ini sudah cukup
trisetyarso (8:24:49): tapi kita harus belajar ke ilmuwan
zebaoth.jehova (8:25:10): he he , saya rasa tidak, karena perintah sholat dan tata cara sholat tidak ada di alquranmu
trisetyarso (8:25:18): ada 🙂
zebaoth.jehova (8:25:25): buktikan
zebaoth.jehova (8:26:06): di alquran sehari 3x tapi kenapa sehari lebih dari 3
trisetyarso (8:26:14): sabar 😀
zebaoth.jehova (8:26:21): tata caranya juga
zebaoth.jehova (8:26:50): janag rujukan hafdist
trisetyarso (8:27:00): iya
trisetyarso (8:27:02): sabar dulu 😀
zebaoth.jehova (8:27:18): he he
trisetyarso (8:29:08): al-quran explorernya sedang buffering
trisetyarso (8:29:10): sabar ya
zebaoth.jehova (8:29:14): oke
zebaoth.jehova (8:29:27): wah beri link nya dong
trisetyarso (8:29:32): btw tinggal dimana, mas?
zebaoth.jehova (8:29:40): sby
trisetyarso (8:29:46): http://www.quranexplorer.com
trisetyarso (8:29:55): wah pengikut sby ya 😀
trisetyarso (8:30:03): kalo saya lagi di yokohama
trisetyarso (8:30:07): sabar ya mas
zebaoth.jehova (8:30:10): wah hebat
trisetyarso (8:30:12): nih lagi buffering
trisetyarso (8:30:26): http://www.agungtrisetyarso.com
zebaoth.jehova (8:31:02): iyah,kalau alquran buat PDA kamu ada linknya kasih aku yah
zebaoth.jehova (8:31:50): atau kumpulan hadist buat PDA ,memakai windows versi 6
trisetyarso (8:31:53): Al-Isra: 78 dan seterusnya: “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan [dirikanlah pula shalat] subuh. [3] Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan [oleh malaikat]. (78) Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadat tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (79) Dan katakanlah: “Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah [pula] aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong. [4] (80)
trisetyarso (8:32:08): Dibaca lengkap, ya mas …
zebaoth.jehova (8:33:40): yup kan mana sholat dhuzur, maghrib,ataupun sholat jumat setahu saya rujukannya hadist dan sunnah nabi yang tercatat di hadist
trisetyarso (8:33:57): sabar lagi 😀
trisetyarso (8:34:23): jadi di ayat itu jelas ada perintah untuk melakukan shalat dari subuh s/d malam hari
trisetyarso (8:34:33): bahkan ada ayat mengenai tahajud
trisetyarso (8:34:49): yaitu shalat menjelang subuh
trisetyarso (8:34:54): nah
trisetyarso (8:35:18): berikut saya tampilkan dulu ayat mengenai shalat Jumat
trisetyarso (8:39:11): Al-Jumuah surat 62 ayat 9 s/d 11:
trisetyarso (8:39:14): Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual-beli [1]. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (9) Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (10) Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri [berkhutbah]. Katakanlah: “Apa yang di sisi Allah adalah lebih baik daripada permainan dan perniagaan”, dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezki. (11)
zebaoth.jehova (8:45:34): oke, bagus dan saya sudah lihat blogmu nambah wawasan juga apalgi youtubemu bagus sekali dan semoga sukses dengan risetnya………,sholat jumat itu pake nya koq penaggalan masehi kenapa tidak penaggalan hijrah saja apa ini sudah benar?(ini sudah tahu dibahas di DR),terus jumlah sholat jumat saya tahunya kenapa harus minimum 40 orang apakah ini benar barru sholat dapat terlaksana,sekali lagi sholat di alquran cuma sehari 3x kenapa b isa sekarang lebih dan tata cara (jungkat jungkitnya) kenapa harus hadist dan kenapa pengikut shia dan sunni jumlah rakaatnya berbeda?
trisetyarso (8:46:32): wah bagus mas; kritis sekali 🙂
trisetyarso (8:46:42): pertanyaannya kudu dipisah-pisah
zebaoth.jehova (8:47:19): he he ikutan DR saja banyak yang juga heran,tapi yang penting ini semua membawa kita bukan kepertentangan fisik
trisetyarso (8:47:21): jehova: sholat jumat itu pake nya koq penaggalan masehi kenapa tidak penaggalan hijrah saja apa ini sudah benar?(
trisetyarso (8:47:28): maksudnya?
trisetyarso (8:47:55): bisa diperjelas pertanyaan di atas?
zebaoth.jehova (8:48:05): sholat hari jumat kan pake masehi sedangkan harusnya pake jumat penaggalan arab
zebaoth.jehova (8:48:30): kenapa sholat harus pake masehi sedngkan puasa pake hijrah
trisetyarso (8:48:35): Jumat = Friday
zebaoth.jehova (8:48:40): oke
trisetyarso (8:48:56): bedanya hanya di penetapan mulainya hari
trisetyarso (8:48:58): begini
zebaoth.jehova (8:49:11): kamu tahu masehi juga sudah di rombak 2 kali
trisetyarso (8:49:34): di dalam konsep “hijriah”, mulai dan akhir dari suatu hari adalah berdasarkan pada muncul atau terbenamnya bulan
trisetyarso (8:50:02): sedangkan, dalam konsep “masehi”, atau “syamsiah”, berdasarkan pada muncul dan terbenamnya matahari
trisetyarso (8:50:08): sehingga
trisetyarso (8:50:20): tidak ada masalah dengan waktu di siang hari
trisetyarso (8:50:28): karena keduanya beririsan
trisetyarso (8:50:43): jadi, shalat Jumat tidak ada masalah
trisetyarso (8:51:04): terjawab?
zebaoth.jehova (8:52:48): bukan itu tapi jelas penggalan dan penetapan hari ke 1,2 3,4,5,6,7 masehi dengan penetapan hari ke 1,2,3,……. hijrah pastinya berbeda ,kamu kalau dari asal jawa tahu juga menegnai penggalan jawa(saka) dimana jelas hri kesatu masehi pasti berlainan dengan hari kesatu hijrah tapi pada hitungan kelipatan tertentu mereka akan bertemu lagi
trisetyarso (8:53:13): oo
trisetyarso (8:53:49): pertanyaannya kudu diperjelas
trisetyarso (8:54:15): mempermasalahkan shalat jumat, atau mempermasalahkan pemakaian kalender?
zebaoth.jehova (8:54:19): tidak mungkin jumat masehi dan jumat hijrah sama jatuh harinya setiap minngunya
trisetyarso (8:54:33): sama
trisetyarso (8:54:37): harinya sama
trisetyarso (8:54:41): tapi tanggalnya beda
zebaoth.jehova (8:55:20): yah tapi kan di katakan jumat itu hari terakhir dari perhitungan awal
trisetyarso (8:55:50): sebelum debat ini
zebaoth.jehova (8:55:51): sedangkan akhir masehi bukan jumat tapi sabtu
zebaoth.jehova (8:55:57): yup
trisetyarso (8:56:13): perlu diketahui dulu, mengenai pemahaman penerapan syariat
trisetyarso (8:56:22): syariat itu fleksibel
trisetyarso (8:56:35): tergantung dari konsensus setempat
trisetyarso (8:56:53): istilah konsensus itu disebut dengan ijtihad
zebaoth.jehova (8:57:22): iyah makanya kenapa harus, adanay unsur diluar alquran itulah maksud saya
trisetyarso (8:57:42): ijtihad tetap merujuk kepada Al-Quran
trisetyarso (8:58:00): itu diperintahkan oleh Al-Quran
zebaoth.jehova (8:58:13): rujukan dari pemahaman manusia dong ,bukan dari allah
trisetyarso (8:58:23): sabar ya 🙂
trisetyarso (8:58:28): saya tunjukan ayatna
trisetyarso (8:58:30): ayatnya
zebaoth.jehova (8:59:44): iyah dan hari terakhir yang jadi patokan hari jumat harusnya berbeda dengan yang di Alquran, begitu juga di Kristen sama juga terjadi rancu mengenai ini hari sabbat
trisetyarso (9:01:57): Al-Imran 159:
trisetyarso (9:02:00): Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu [1]. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (159)
trisetyarso (9:02:25): “…bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu [1]. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (159)
trisetyarso (9:02:59): Mengenai implementasi dari ibadah, Allah memerintahkan manusia untuk bermusyawarah
zebaoth.jehova (9:03:01): ayat lembut kamu keluarkan mana ayat kasarnya he he he
trisetyarso (9:03:12): mesti proporsional
trisetyarso (9:03:18): jadi
trisetyarso (9:03:43): mengenai penentuan kalender dsb
trisetyarso (9:03:56): itu adalah hasil musyawarah dan ijtihad
trisetyarso (9:04:12): namun tetap merujuk ke Al-Quran (dan Al-Hadist)
zebaoth.jehova (9:06:19): wah jangan main tafsir seenaknya laknat neraka jahanam menatimu he he,kalau perkataan di alquran mengenai sholat dari dulu semua orang sudah tahu tidak ada kejelasanya dan sebagian muslim juga tahu bahkan perbedaan sholat shia sunni jelas berbeda kenapa ? oke saya paham karena musyawarah tapi ayat kamu beri musyawarah itu b ukan rujukan mengenai sholat yah…..
zebaoth.jehova (9:07:02): urusan itu banyak tafsirnya
trisetyarso (9:07:23): maaf nih, mas 🙂 . Kelihatannya banyak sekali konsep yang salah dipahami. Perlu diperjelas satu persatu dulu.
zebaoth.jehova (9:08:14): iyah, dan mana ada pembagian jam yang pasti di sholat
trisetyarso (9:08:47): okeh, kita pindah lagi ke shalat
trisetyarso (9:08:49): 😀
trisetyarso (9:08:55): begini
zebaoth.jehova (9:09:03): oke
trisetyarso (9:09:37): Pada dasarnya, ajaran Islam kita diturunkan bukan untuk memberatkan umat manusia.
trisetyarso (9:09:40): Dan
trisetyarso (9:10:05): Allah via Al-Quran memberikan ruang bagi umat manusia untuk berijtihad
trisetyarso (9:10:26): sehingga
trisetyarso (9:12:09): waktu-waktu seperti jam berapa, detik ke berapa dsb, itu adalah ruang bagi manusia untuk menentukan
trisetyarso (9:12:17): itu adalah ijtihad
trisetyarso (9:12:27): yang terpenting
trisetyarso (9:12:43): bagaimana pertanggungjawaban dihadapan-Nya
trisetyarso (9:12:57): karena Allah memberikan apresiasi terhadap ijtihad
trisetyarso (9:13:03): sekalipun ijtihad itu salah
zebaoth.jehova (9:13:43): benar tidak ada pencipta maunya memberikan konsep waktu dan ketetapan hari itu adalah akal dan anlisa manusia saja untuk memudahkan kehidupannya saja
trisetyarso (9:15:06): Agama ini diturunkan untuk umat manusia, sesuai dengan kemampuan dan usahanya
trisetyarso (9:17:14): Al:Baqarah ayat 286:
trisetyarso (9:17:16): Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala [dari kebaikan] yang diusahakannya dan ia mendapat siksa [dari kejahatan] yang dikerjakannya. [Mereka berdo’a]: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”. (286)
zebaoth.jehova (9:18:59): agama ciptaan manusia ,tidak ada namanya itu agama ciptaan pencipta hanya angan angan saja,pencipta tidak mungkin memberikan ajaran agama hanya kepada bangsa dan bahasa arab tapi ajaran pencipta harusnya bersifat universal dapat diterima semua golongan
trisetyarso (9:19:14): 🙂
trisetyarso (9:19:40): seperti saya katakan, terlalu banyak asumsi yang mas jehovah yang salah kaprah
zebaoth.jehova (9:19:44): In line #2 in the `original’ of Q6:59 a stem is present but is absent in the modern version. -In line #4 the `original’ lacks a stem in the same aya which is present as a ba in the modern version.
trisetyarso (9:20:02): sabar ya mas
zebaoth.jehova (9:20:08):
trisetyarso (9:33:04): gimana mas?
zebaoth.jehova (9:33:30): apanya?
trisetyarso (9:34:05): mungkin kita memang banyak beda persepsi
trisetyarso (9:34:18): tapi insya Allah silaturahmi tetap jalan 🙂
trisetyarso (9:34:33): kalo mas jehovah gak keberatan
zebaoth.jehova (9:36:10): iyah dong beda yang penting tidak adu fisik,dan kamu sudah di negara maju harsunya tahu agama itu kultur saja
trisetyarso (9:38:12): betul
trisetyarso (9:39:19): baik FPI maupun GW Bush itu sama saja
trisetyarso (9:39:28): harusnya jangan maen fisik
trisetyarso (9:39:41): kalo gak setuju ya debat saja kayak kita gini
trisetyarso (9:39:43): 😀
trisetyarso (9:40:03): lha kalo fpi cuma ngerusak kampung
trisetyarso (9:40:10): kalo Bush ngancurin negara 😀
zebaoth.jehova (9:40:25): beda bung FPI kalau gorork membakar berteriak atas nama ALLAH sedangkan Bush itu politik itulah bedanya
trisetyarso (9:40:37): Bush atas nama agama juga 😀
trisetyarso (9:40:46): malah lebih parah
zebaoth.jehova (9:40:54): bush tidak ada atas nama agama itu taqiyah islamis saja
zebaoth.jehova (9:41:03): coba terangkan
trisetyarso (9:41:08): atas nama tuhan
zebaoth.jehova (9:41:33): apa berteriak allahhuakbar dan pake simbol simbol agama
trisetyarso (9:41:54): bush pake simbol kristen
zebaoth.jehova (9:42:40): mana buktikan, dia beragama kristen tapi di ajaran kristus tidak ada ayat jihad dan bedakan pemahaman alkitab dan alquran
trisetyarso (9:43:28): pernah dengar bahwa perang melawan teroris itu adalah crusade war ?
zebaoth.jehova (9:43:44): yup
zebaoth.jehova (9:43:48): benar
zebaoth.jehova (9:43:56): tapi itu politik
trisetyarso (9:43:59): ya sudah
trisetyarso (9:44:02): sama sajah 😀
zebaoth.jehova (9:44:06): akibat serangan yang mulkai siap dulu
trisetyarso (9:44:16): semua perang itu atas nama agama
zebaoth.jehova (9:44:22): dan apa pakai simbol agama,dan berteriak haleluyah
trisetyarso (9:44:40): crusade itu artinya apa mas?
zebaoth.jehova (9:45:05): he he ,anda belum tinggal lama di yokohama yah baru saja ,coba deh kalau sudah lama tinggal tahu kah kamu ada pewrang yang bukan agama
zebaoth.jehova (9:45:36): yang melontarkan perang salib itu siapa kalau bukan dari kalngan islam
trisetyarso (9:45:40): perang itu sebetulnya hanya rebutan kepentingan saja
trisetyarso (9:45:46): hehe
trisetyarso (9:45:52): beda perspektif lagi
zebaoth.jehova (9:46:33): kalau kristen perang salib itu hanya pemberkatan individunya,tap[i diajaranya tidak ada namnya mau perang
zebaoth.jehova (9:46:48): coba dakah perintah YESUS untuyk membunbhu
zebaoth.jehova (9:47:20): cuma alquran saja ada perintah menghabisi mutrtadin dan kafirun dengan imbalan pahala syurga
trisetyarso (9:47:52): pernah nonton “Kingdom of Heaven”, Mas?
trisetyarso (9:48:26): http://en.wikipedia.org/wiki/Kingdom_of_Heaven_(film)
zebaoth.jehova (9:49:06): film mah jangan ngomong DA vINCI saja itu rekayasa,novel fiktif ilmiah atau film itu propaganda agar lagu laris di tyonton namnya bisnis
trisetyarso (9:49:41): 🙂
trisetyarso (9:49:55): film itu sekarang malah jadi ajang penyebaran idealism
trisetyarso (9:50:01): seperti yang dilakukan Al-Gore
zebaoth.jehova (9:50:11): benar dan bisa begitu juga Alquran
trisetyarso (9:50:18): gak selalu hoax sperti James Bond
trisetyarso (9:50:25): kembali ke topik dong
trisetyarso (9:50:43): anda kudu tonton dulu “Kingdom of Heaven”
trisetyarso (9:50:52): agar tak salah paham mengenai perang salib
zebaoth.jehova (9:50:54): oke pasti gue tonton
trisetyarso (9:51:03): siapa sebenarnya yang memulai dan mengakhiri
trisetyarso (9:51:43): http://en.wikipedia.org/wiki/Umar
zebaoth.jehova (9:51:48): perang salib itu imbas dari inginnya muslim meluaskan jajahannya yang mulai berkuasa atas spanyol dan ingin meluaskan wilayahnya
trisetyarso (9:51:53): asal muasal Jerusalem
trisetyarso (9:52:14): https://trisetyarso.wordpress.com/2008/01/26/umar-ibn-khattab-dan-jerusalem/
zebaoth.jehova (9:52:17): he he ,kalau gitu mana duluan ada yahudi atau muhammad
zebaoth.jehova (9:52:22): jangan ngaco
trisetyarso (9:54:05): jehovah: he he ,kalau gitu mana duluan ada yahudi atau muhammad
zebaoth.jehova: jangan ngaco
trisetyarso (9:54:39): berarti anda kudu paham kedudukan Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa dalam Islam
trisetyarso (9:54:51): tak ada pertentangan diantara mereka
zebaoth.jehova (9:54:57): apa sejak kapan yahudi jadi muslim
zebaoth.jehova (9:55:27): dan itu 25 nama nabi yang ada dan dimuslimkan,adalah yahudi yang di sejarah mereka bukan nabi
zebaoth.jehova (9:55:37): hari gini masih termakan bualan arab
zebaoth.jehova (9:55:45): kamu sadar deh
zebaoth.jehova (9:56:19): yahudi jadi islam he he he ,itu cuma di dun ia muslim
trisetyarso (9:56:47): Al-Quran 139:
trisetyarso (9:56:58): Al-Baqarah 139:
trisetyarso (9:57:00): ataukah kamu [hai orang-orang Yahudi dan Nasrani] mengatakan bahwa Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani? Katakanlah: “Apakah kamu yang lebih mengetahui ataukah Allah, dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang menyembunyikan syahadah dari Allah [2] yang ada padanya?” Dan Allah sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan. (140) Itu adalah umat yang telah lalu; baginya apa yang diusahakannya dan bagimu apa yang kamu usahakan; dan kamu tidak akan diminta pertanggungjawaban tentang apa yang telah mereka kerjakan.
zebaoth.jehova (9:58:35): he he sejarah yahudi yang lebih jelas dan mereka bangsa yang lebih tahu sisilahnya darah mereka dan tidak ada namanya nabi nabi yang dicatat seperti adam dikatakan nabi serta yahudi juga tidak menerima Yesus jadi nabi hanya dunia islam saja comot sini comot sana agar jadi pengikutnya
zebaoth.jehova (9:59:29): he he terjemashan gitu kamu pake itu kenapa perkataan allah harusd pake tanda kurung ,kalau dengar suara nagjinya tidak ada kurung itu nadnay yahudi atau nasrani hanya tambhan he he
trisetyarso (9:59:44): Al-Baqarah 130:
trisetyarso (9:59:47): ) Ketika Tuhannya berfirman kepadanya: “Tunduk patuhlah!” Ibrahim menjawab: “Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam”. (131) Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. [Ibrahim berkata]: “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”. (132) Adakah kamu hadir ketika Ya’qub kedatangan [tanda-tanda] maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: “Apa yang kamu sembah sepeninggalku?” Mereka menjawab: “Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Isma’il dan Ishaq, [yaitu] Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya.” (133)
zebaoth.jehova (10:01:27): islam jaman adam sampai isa itu cuma catutan dari akal akaln arab saja mana kitabnya kalau itu nabi dan mana pengikutnya
trisetyarso (10:01:39): Sabar ya mas 🙂
trisetyarso (10:01:42): Jadi
trisetyarso (10:02:03): menurut Al-Baqarah 130 dst -> Ibrahim itu adalah islam
trisetyarso (10:02:21): yaitu orang yang berserah diri kepada Tuhan yang Esa
trisetyarso (10:02:31): itu dulu
trisetyarso (10:02:33): setuju?
zebaoth.jehova (10:02:43): mana kitabnya dan ajarannya serta pengikutnya
zebaoth.jehova (10:03:12): buki sejarah historisnya saja tidak pernah ibrahi ,adam nuh atau isa menurunkan kitab
trisetyarso (10:03:17): dalam ajaran Yahudi yang sekarang, telah banyak distorsi
zebaoth.jehova (10:03:26): ,kalau nabi itu harus ada kitabnya
trisetyarso (10:03:47): bagi kami
trisetyarso (10:03:56): Ibrahim itu tidak membawa bendera yahudi
zebaoth.jehova (10:04:06): iyah mana kitabnya
trisetyarso (10:04:09): tapi mengajarkan umat manusia menyembah Tuhan yang Esa
zebaoth.jehova (10:04:21): saya paham
trisetyarso (10:04:39): Nabi Ibrahim diturunkan mushaf2x
zebaoth.jehova (10:05:11): mana buktinya tidak ada suratnya
trisetyarso (10:05:13): tapi, sudah punah
trisetyarso (10:09:40): karena itu turun Al-Quran untuk menjelaskan
trisetyarso (10:09:49): bahwa seluruh Nabi itu membawa risalah yang sama
trisetyarso (10:10:01): Tidak ada pertentangan diantara semua Nabi itu
trisetyarso (10:10:10): Moses dan Yesus membawa ajaran yang sama
zebaoth.jehova (10:14:28): kata ustad mu
trisetyarso (10:14:47): kan dalil saya berbasis ke Al-Quran 😀
zebaoth.jehova (10:14:50): kalau belajar sejarah jangan di satu pihak saja
trisetyarso (10:14:51): bukan ke ustadz
trisetyarso (10:14:58): begitu juga dengan mas 😀
zebaoth.jehova (10:15:26): saya pelajari semua bahkan dalil alquran juga di bandingkan dengan dalil dari alkitab
trisetyarso (10:15:33): saya juga 😀
zebaoth.jehova (10:15:34): dan sebaliknya
trisetyarso (10:15:48): makanya mas tonton dulu “kingdom of heaven”
trisetyarso (10:15:51): tuh
trisetyarso (10:15:57): sampe film aja saya tonton
zebaoth.jehova (10:15:58): ternyata itu alquran tidak ada bukti historis nyata yang mendukung
trisetyarso (10:16:06): itu kata mas
zebaoth.jehova (10:16:16): kingdom heaven kelihtannya say sudah nonton
zebaoth.jehova (10:16:23): cuma lupa kebnyakan film
trisetyarso (10:16:29): cuba
trisetyarso (10:16:33): kalo udah nonton
trisetyarso (10:16:37): apa pesannya?
zebaoth.jehova (10:16:39): tapi coba nanti say tonton
zebaoth.jehova (10:16:45): versi yang kamu berikan
trisetyarso (10:16:52): itu film hollywood lho
trisetyarso (10:16:59): bukan orang arab
trisetyarso (10:17:01): 😀
zebaoth.jehova (10:17:03): iyah tahu,masak film arab
zebaoth.jehova (10:17:08): he he
trisetyarso (10:36:14): btw
trisetyarso (10:36:20): kembali ke shalat
trisetyarso (10:36:30): ini penjelasan dzuhur dan ashar:
trisetyarso (10:36:33): وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ذَلِكَ ذِكْرَى لِلذَّاكِرِينَ
“Dan dirikanlah shalat pada kedua tepi siang dan pada bahagian permulaan malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat”(QS. Huud: 114)
trisetyarso (10:36:47): jadi … lengkapkan … 🙂
trisetyarso (10:37:04): http://www.eramuslim.com/ustadz/shl/7705101300-dalil-dalil-tentang-waktu-shalat.htm
zebaoth.jehova (10:38:47): iyah sholat cuma segitu penjelasannya di quran
trisetyarso (10:38:55): lho
trisetyarso (10:38:59): kan udah lengkap
trisetyarso (10:39:24): QS. Huud: 114
trisetyarso (10:39:55): Al-Jumuah surat 62 ayat 9 s/d 11
trisetyarso (10:40:10): Al-Isra: 78
zebaoth.jehova (10:40:18): lengkap apaan mana sholat subuh di jelenterehkan ,mana sholat sehari 5 waktu di jeltrekan secara gamblang
trisetyarso (10:40:22): Untuk lebih jelasnya:
trisetyarso (10:40:44): QS. Huud: 114 -> Shalat Dzhuhur dan Ashar
trisetyarso (10:41:05): Al-Isra: 78 -> Shalat Subuh, Mahgrib dan Isya
trisetyarso (10:41:25): Al-Jumuah surat 62 ayat 9 s/d 11 -> Shalat Jumat
trisetyarso (10:41:50): Implementasinya ya dicontohkan oleh Nabi Muhammad
zebaoth.jehova (10:42:03): Waktu-waktu Shalat Fardhu di Dalam Al-Hadits Tentang Waktu Shalat Dalam Kitab-kitab Fiqih ,inikan akal akaln saja saya minta murni hanya patokan Alquran dan itru memang tidak ada
zebaoth.jehova (10:42:36): itu pake hadist semua dalil dalilnya
trisetyarso (10:42:48): lihat gak itu ayat Quran? 😀
zebaoth.jehova (10:43:48): saya sudah baca apa perlu saya kasih lihat dalilnya si ustad eremuslim pake hadist sahih bukari he he
trisetyarso (10:43:52): anda baca dulu dengan mata lahir dan bathin ayat-ayat yang saya berikan
trisetyarso (10:44:07): ayat2x itu bicara mengenai shalat
trisetyarso (10:44:11): nah
trisetyarso (10:44:17): implementasinya dari hadist
trisetyarso (10:44:25): mengenai rakaat dsb
trisetyarso (10:44:48): dan anda kudu tahu apa itu hadist
trisetyarso (10:44:55): karena ada ilmunya sendiri
zebaoth.jehova (10:45:36): loh itu yang saya katakan rakaat dan tata car serta waktu pengaturannya harus di tafsirkan oleh manusia, bahkan kenapa jumlah rakaat ada perbedaan
zebaoth.jehova (10:45:38): di shia dan sunni
zebaoth.jehova (10:45:43): sesama islam
trisetyarso (10:46:04): itu gak apa2x
trisetyarso (10:46:15): syariat boleh berbeda
trisetyarso (10:46:21): tapi prinsipnya tidak
trisetyarso (10:46:36): kami menyembah Tuhan yang Esa
zebaoth.jehova (10:46:37): berbeda karena tidak jelas apa yang tersirat dan tersurat he he
trisetyarso (10:46:47): perbedaan pasti ada
trisetyarso (10:46:53): ndak apa2x
trisetyarso (10:46:58): seperti muhammadiyah dan nu
zebaoth.jehova (10:47:05): benar, yang lain karen sudah dighancurkan dan dipilih hubal oleh muhammad
trisetyarso (10:47:34): tapi tetap kami menyembah Tuhan yang Esa
trisetyarso (10:47:34): btw
trisetyarso (10:47:42): anda berarti belum ngeh juga yah?
zebaoth.jehova (10:47:44): makanya di islam Alquran itu bukan perkataan allah
trisetyarso (10:47:55): Hubal itu ya beda dengan Allah
trisetyarso (10:48:02): Kami tidak menyembah patung
trisetyarso (10:48:13): Ka`bah itu tidak ada patungnya
zebaoth.jehova (10:48:51): dulunya yah sebelum jadi nabi muhammad itu sembah patung dan disisakan 1 patung hubal=dewa bulan maknya jadi esa
zebaoth.jehova (10:48:56): alias 1
trisetyarso (10:49:12): Al-Baqarah:23:
trisetyarso (10:49:15): Dan jika kamu [tetap] dalam keraguan tentang Al Qur’an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami [Muhammad], buatlah [6] satu surat [saja] yang semisal Al Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. (23) Maka jika kamu tidak dapat membuat [nya] dan pasti kamu tidak akan dapat membuat [nya], peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir. (24)
zebaoth.jehova (10:50:17): wah itu sudah ada yang buat alfurgon kitab tandingan alquran,bahkan ahmadiyah juga punya apa kamu ketinggalan berita dunia agama he he
trisetyarso (10:50:27): http://eddyra.net/wp-content/uploads/2007/09/pic25072.jpg
trisetyarso (10:50:38): Inside Ka`bah
trisetyarso (10:50:50): di dalam Ka`bah tak ada patung seperti Hubal dsb
trisetyarso (10:51:31): ahmadiyah yang mana dulu? 😀
trisetyarso (10:51:38): Lahore atau Qadhiyani ? 🙂
trisetyarso (10:54:37): gimana mas?
trisetyarso (10:54:47): masalah shalat udah jelas belum?
trisetyarso (10:54:59): ada baiknya mas mempelari lagi dengan baik
trisetyarso (10:55:04): tak ada salahnya mencoba
trisetyarso (10:55:06): 🙂
zebaoth.jehova (10:56:06): itulah saya tidak mau coba ritual budaya sembahyang, TUHAN sejati tidak akan meminta umatnya untuk menyembah patuh secara buta dan tolol
trisetyarso (10:56:25): 🙂
trisetyarso (10:56:34): mas tidak sembahyang?
trisetyarso (10:57:09): Tuhan bisa didekati lho mas
zebaoth.jehova (10:59:00): Tuhan tidak akan menyuruh patuh seperti robot dan zombie agar mengikuti ajarannya,Tuhan sejati akan mengasihi umatnya dan tanpa jungkat jungkitpun dan posisi apapun asal tulus doa pasti diterima
zebaoth.jehova (10:59:08): itulah iman kristen
trisetyarso (10:59:13): 🙂
trisetyarso (11:00:21): mas pernah sujud tidak?
trisetyarso (11:01:01): untuk menunjukkan penyerahan diri total kepada Tuhan …
zebaoth.jehova (11:01:09): yah pernah juga,tapi didalam doa tidak perlu sujud sujud seperti itu,doa orang yang tersembunyi lah doanya yang diterima
trisetyarso (11:01:35): doa tersembunyi memang yang terbaik
trisetyarso (11:01:44): namun dapat juga bersama-sama
zebaoth.jehova (11:03:07): benar,setuju sekali
trisetyarso (11:03:39): ajaran Islam itu universal
trisetyarso (11:03:56): mau dia jenderal ataupun tukang becak, kalo shalat ya sujud
zebaoth.jehova (11:10:11): he he, kalau sakit dan cacat bagaimana
zebaoth.jehova (11:10:13): gambar dalam kabah sudah tahu liat
trisetyarso (11:10:41): keringan selalu ada
trisetyarso (11:10:54): itulah kemudahan dalam Islam
zebaoth.jehova (11:13:19): he he,gitu juga kawin dengan anak ingusan sesuai sunnah nabi
trisetyarso (11:16:52): ketika seseorang sudah baligh dan dewasa, sudah berhak menikah
trisetyarso (11:17:15): Islam mengajarkan kebaikan; termasuk menikah
zebaoth.jehova (11:18:17): siapa bioalng itu benar,secar mental dan psikologi itu anak tersebut tidak dan belum bisa mencerna arti sex,apalgi akilbalik pertamakalipun belum tentu penyempurnaan rahimnya sudah sempurna
zebaoth.jehova (11:19:15): rahim sempurna jika umur sudah 17 dan diatasnya walaupun haid pertama rahima masih berevolusi menuju sempurna
trisetyarso (11:20:05): jehova:rahim sempurna jika umur sudah 17 dan diatasnya walaupun haid pertama rahima masih berevolusi menuju sempurna -> tidak kasus global
zebaoth.jehova (11:20:19): memang
trisetyarso (11:20:28): ya sudah 😀
zebaoth.jehova (11:20:34): b earti asiah kahsusu khusus
trisetyarso (11:20:50): nabi isa saja bisa bicara ketika bayi kok 😀
zebaoth.jehova (11:20:53): tapi tetap secara mental psikologi bahakn adat setempat ,dan abu bakar menolak
trisetyarso (11:21:10): nabi itu manusia
trisetyarso (11:21:21): tapi ada aspek2x yang tetap saja luarbiasa
trisetyarso (11:21:25): seperti nabi isa
trisetyarso (11:21:28): atau yesus
trisetyarso (11:21:44): *)
trisetyarso (11:21:47): 🙂
zebaoth.jehova (11:21:50): he hemanusia bejat moral dikatakan nabi itulah kesalahan fatal
trisetyarso (11:22:06): bagi yahudi, yesus itu pembohong
trisetyarso (11:22:11): apakah anda setuju?
zebaoth.jehova (11:22:39): bohongnya apa dulu
trisetyarso (11:22:45): bahwa
trisetyarso (11:22:51): yesus bukanlah al-masih
trisetyarso (11:22:56): atau kristus
trisetyarso (11:23:01): setuju?
trisetyarso (11:23:29): 🙂
zebaoth.jehova (11:24:43): oh gitu coba deh cari di alkitab ada tidak jesus ngaku almasih terang terangan atau dari mulutnya langsung tapi dari mujizat kelihatan bahwa jesus bukan saja utusan tapi sebagian rohnya/kalimatnya/perbuatannya adalah milik dan bagian figure pencipta
trisetyarso (11:25:10): anda gak bisa nangkep maksud saya atau pura2x ? 😀
trisetyarso (11:25:35): Bagi sebagian orang yahudi yesus itu adalah pembohong
zebaoth.jehova (11:25:37): sebagian yahudi menolak sebagian lagi menerima
trisetyarso (11:25:41): udah tahu?
trisetyarso (11:25:49): apakah anda rela?
trisetyarso (11:25:51): nah
trisetyarso (11:26:00): begitu juga pandangan anda ke nabi muhammad
trisetyarso (11:26:08): bagi kami
zebaoth.jehova (11:26:13): bagi kristen itu jadi pengikut bukan paksaan
trisetyarso (11:26:18): yesus adalah nabi yang tidak bejat
trisetyarso (11:26:22): begitu juga moses
zebaoth.jehova (11:26:34): jadi rela
trisetyarso (11:26:41): islam juga begitu 😀
zebaoth.jehova (11:26:50): moses itu pembunuh
trisetyarso (11:27:21): Al-Baqarah: 256:
trisetyarso (11:27:23): Tidak ada paksaan untuk [memasuki] agama [Islam]; sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut [5] dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (256
trisetyarso (11:27:47): Al-Baqarah: 256 -> Tak ada paksaan dalam memasuki agama islam
zebaoth.jehova (11:27:49): itu ayat lunak bung, ayat kerasnya juga ada
trisetyarso (11:27:59): seperti saya bilang
trisetyarso (11:28:05): mesti proporsional
trisetyarso (11:28:20): nanti anda saya ajarkan memahami ayat quran dengan baik
trisetyarso (11:28:52): zebaoth.jehova: moses itu pembunuh -> menurut anda 😀
zebaoth.jehova (11:29:05): iyah saya pasti menerima masukan dan mau belajar
trisetyarso (11:29:18): nah … getu donk … 🙂
zebaoth.jehova (11:29:32): apalgi menegenai nano quantum yang kamu pelajari
trisetyarso (11:30:07): sip
trisetyarso (11:30:09): tapi
trisetyarso (11:30:12): tentang agama
trisetyarso (11:30:30): semoga kelak anda akan melihat keserasian antara ajaran moses, yesus dan muhammad
zebaoth.jehova (11:33:47): moses mungkin sejajar dengan muhammad tapi untuk jesus saya dan semua umat kristen yang tahu sejarah pasti tidak setuju
zebaoth.jehova (11:33:57): karena yesus mengajarkan universal
zebaoth.jehova (11:34:11): sedangkan moses muhammad hanya golongan bangsanya saja
trisetyarso (11:34:11): muhammad juga 😀
zebaoth.jehova (11:34:23): tidak mungkin
zebaoth.jehova (11:35:09): ajarannya apalgi pake burka atau jilbab itu saja sudah beda
trisetyarso (11:35:36): Al-Hujurat:13:
trisetyarso (11:35:38): Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (13)
trisetyarso (11:35:54): burka -> budaya arab
trisetyarso (11:36:02): jilbab -> flexibel
trisetyarso (11:36:12): tergantung budaya masing2x
zebaoth.jehova (11:36:34): syariat aceh dan taliban mensyaratkan untuk wanita memakainya
zebaoth.jehova (11:36:42): kalau tidak ada hukumnya
trisetyarso (11:37:00): ya itu kondisional 🙂
zebaoth.jehova (11:37:32): yah tidak universal
zebaoth.jehova (11:37:39): jepang apa mau pake begitu
trisetyarso (11:37:59): hukum islam itu universal
trisetyarso (11:38:04): makanya kondisional
trisetyarso (11:38:11): jilbab
trisetyarso (11:38:14): contohnya
trisetyarso (11:38:21): diserahkan ke budaya masing2x
zebaoth.jehova (11:38:25): hukum itu adalAh produc manusia
trisetyarso (11:38:45): hukum itu dari Allah
trisetyarso (11:38:46): tapi
trisetyarso (11:38:57): implementasinya adalah konsensus
zebaoth.jehova (11:42:20): hukum taurat musa pun cuma akal akaln musa dan pengikutnya(yang dipercaya) ,karena TUhan menciptakan segalnya untu kebaikan tidak ada halal atau haram itu hanyalah penjeletrehan manusinya saja
trisetyarso (18:30:45): Mas, taurat bagi kami adalah benar dari Tuhan (Allah SWT). Kalaupun ada penyelewengan, itu terjadi pada masa setelahnya …
Melelahkan juga bacanya Mas Agung. But it was nice dialogue.
sungguh ironis
FYI:
1) Yahudi adalah nama utk golongan pengikut Musa. Di dalam Qur’an penggunaan kata Yahudi (dan bentuk2 sejenis & turunannya) dibedakan dg Bani Israil. Bani Israil dipakai utk menyebut keturunan Ya’kub, sedangkan Yahudi dipakai utk menyebut orang yg mengikuti ajaran Musa.
Asal katanya Huda (petunjuk), jadi kata Yahudi dinisbahkan kpd golongan yg mendapat petunjuk dari Allah melalu Musa. Qur’an tidak pernah menyebut istilah Yahudi utk Bani Israil sebelum masa Musa (misal di kisah Yusuf).
2) Nasrani adalah nama utk golongan pengikut Isa. Asal katanya dari Nashara, Anshar, diambil dari Qur’an surat Ash Shaf ayat terakhir, pengikut Isa berjanji utk menjadi Anshar Allah (penolong Allah).
3) Istilah Qur’an utk pengikut Muhammad adalah Mu’min, sehingga bisa dimengerti seruan2 khusus kepada pengikut Muhammad di Qur’an dinyatakan dg ‘Ya ayyuhal mu’minun’, misal utk perintah shalat.
4) Musa dan Isa bukanlah penganut agama Yahudi ataupun Nasrani karena kedua istilah tsb hanya dinisbahkan kepada umat keduanya, bukan nabinya. Agama yg diturunkan oleh Allah sejak masa Adam as hanyalah satu, yaitu Islam. Jadi orang yg hidup sezaman dg Musa atau setelahnya (kaum nabi Musa) dan mengikuti Musa dikatakan kaum Yahudi dan beragama Islam. Orang yg hidup sezaman dg Isa atau setelahnya (kaum nabi Isa) dan mengikuti Isa dinamakan kaum Nasrani dan beragama Islam. Orang yg sezaman dg Muhammad atau setelahnya (kaum nabi Muhammad) dan mengikuti Muhammad dinamakan kaum Mu’min dan beragama Islam.
About shalat Jumat:
Taken from Wikipedia [http://en.wikipedia.org/wiki/Gregorian_calendar]:
“The last day of the Julian calendar was Thursday October 4, 1582 and this was followed by the first day of the Gregorian calendar, Friday October 15, 1582 (the cycle of weekdays was not affected).”
Penggunaan kalendar Gregorian membuat sistem penanggalan berubah (loncat sepuluh hari, 4 Oktober ke 15 Oktober), sedangkan perhitungan harinya tidak mengalami perubahan (Kamis dilanjutkan ke Jumat). Dengan demikian shalat Jumat yg dilakukan umat Islam sekarang tidak berarti dilakukan pada ‘hari yg salah’.
Perhitungan awal pekan dalam Islam /dunia Arab dimulai di hari Minggu (Ahad). Dunia barat pun sebetulnya menggunakan hari Minggu sebagai perhitungan awal pekan (perhatikan urutannya: Sunday, Monday, …, Friday, Saturday; bukan Monday, Tuesday, …, Saturday, Sunday), akan tetapi sekarang pengertian itu bergeser sehingga Sunday dianggap sebagai hari terakhir dari 1 pekan [lihat: http://en.wikipedia.org/wiki/Sunday%5D
“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan [dirikanlah pula shalat] subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan [oleh malaikat].”
Pengertiannya:
Waktu shalat wajib adalah dari matahari tergelincir SAMPAI gelap malam, lalu ada 1 shalat lagi yaitu subuh;
BUKAN saat matahari tergelincir, DAN gelap malam dan shalat subuh.
Orang yg (sengaja) salah membaca akan berkata waktu shalat dalam Islam cuma 3x, sementara jika benar membacanya akan paham bahwa waktu dari matahari tergelincir sampai gelap malam telah mencakup keseluruhan waktu shalat dari Dhuhur sampai Isya.
Kenapa tidak digabung saja dg Subuh menjadi: dari saat matahari tergelincir sampai terbit keesokan harinya?
Jawaban termudah adalah agar yg membaca ayat tsb paham bahwa Islam sbg agama yg manusiawi ingin menghindarkan umatnya dari pengertian yg salah sehingga mereka shalat sepanjang malam dan meninggalkan tidurnya. Akan tetapi Islam juga tidak ingin agar umatnya keenakan tidur, sehingga shalat Subuh diberikan kekhususan tersendiri dalam penyebutannya.
Utusan Allah kepada siapa?
Utk Musa, lihat QS An Naziat ayat 15-26: Musa diutus utk memperingatkan Fir’aun karena kelalimannya.
Kesimpulan: Musa diutus TIDAK hanya kpd Bani Israil
Utk Isa, lihat QS Ash Shaf ayat 6: Isa mengabarkan kepada Bani Israil akan kebenaran ajaran Musa dan kabar gembira dg kedatangan rasul berikutnya, Muhammad
Kesimpulan: Isa diutus hanya kpd Bani Israil (perhatikan bahwa Isa tidak menggunakan istilah kaum Yahudi, melainkan Bani Israil di ayat tsb, seperti comment saya sebelumnya, karena sejak saat itu pengikutnya dinamakan Nasrani)
Utk Muhammad, dapat ditemukan di berbagai tempat di Qur’an, Allah menggunakan seruan ‘Ya Ayyuhan Naas’ (‘Wahai sekalian manusia’) ketika menyampaikan ajaran2 tauhidnya. Sdgkan utk manusia yg bersedia mengikuti Muhammad, Allah menggunakan seruan ‘Ya Ayyuhal Mu’minun’ (‘Wahai sekalian orang mu’min’), sebagai kekhususan bagi pengikut Muhammad. Allah tidak pernah menggunakan seruan ‘Ya Ayyuhal Muslimun’ karena istilah muslim berlaku kepada semua pengikut Nabi2 Allah karena agama Islam merupakan agama Allah sejak zaman Adam
Tambahan ttg istilah Mu’min:
Sewaktu Abu Bakar diangkat sbg pemimpin umat pemimpin Nabi, gelar/panggilannya adalah Khalifatu Rasulillah (‘Pengganti Rasulullah’). Ketika Abu Bakar meninggal dan digantikan Umar, gelar/panggilan Umar menjadi Khalifatu Khalifatu Rasulillah (‘Penggantinya Pengganti Rasulullah’) karena panggilan ini terlalu panjang dan menyusahkan dalam penggunaan (bayangkan bagaimana panggilan bagi khalifah2 sesudahnya?), maka Umar meminta pendapat para sahabat penggunaan panggilan yg lebih ringkas, akhirnya pendapat yg disetujui adalah gelar ‘Amirul Mu’minin’ (Pemimpin Kaum Mu’min). Perhatikan bahwa gelar yg dipakai bukanlah Amirul Muslimin.
Tentang Allah dan Hubal bisa dibaca di Wikipedia [http://en.wikipedia.org/wiki/Hubal], di situ bahkan dibilang bahwa penyamaan Hubal dan Allah (na’udzubillah dari penghinaan thd Allah) semata2 usaha spekulatif para penginjil. Perbedaan antara Allah dan Hubal jelas terlihat pada kisah perang Uhud yg juga dikutip di Wikipedia
Usia Aisyah ketika menikah dg Nabi
Lihat di link berikut: [http://akusuka.wordpress.com/2008/01/16/aisyah-age-benarkah-aisah-berumur-9-tahun-ketika-menikah-dengan-nabi-muhammad/]